KWADUNGAN.NGAWIKAB.ID – Jum’at (27/08) UPT Puskesmas Kwadungan menggelar vaksinasi massal dosis pertama untuk masyarakat yang belum pernah melakukan vaksinasi di Desa Kwadungan. Pelaksanaan vaksinasi massal dilakukan di halaman kantor Desa Kwadungan. Pendaftaran vaksinasi dimulai pukul 07.00 WIB. Jenis vaksin yang digunakan pada vaksinasi kali ini adalah Astrazeneca. Masyarakat yang mendaftar untuk melakukan vaksinasi yaitu meliputi warga Desa Kwadungan khususnya dan juga diperuntukkan warga yang berasal dari luar desa.

Antrean warga yang akan divaksin

Sebanyak kurang lebih 200 warga datang untuk divaksin. Warga yang mengikuti vaksin membawa persyaratan yaitu membawa KTP asli, fotokopi KIS/BPJS apabila punya/ juga menyertakan no HP yang aktif. Pemberian no HP ini digunakan untuk pengunduhan sertifikat vaksin di halaman website www.pedulilindungi.com

Pendaftaran vaksinasi

Kegiatan vaksinasi dihadiri oleh kepala desa serta perangkatnya, kepala UPT Puskesmas Kwadungan beserta tim vaksinasi dan juga bidan desa, babinsa dan bhabinkamtibmas. Alur pelaksanaan vaksin yaitu dimulai dengan tahap pendaftaran dan pemberian kartu kendali, selanjutnya lanjut ke meja tensi untuk dilakukan pengukuran tensi darah dan juga pengecekan mengenai penyakit yang sedang diderita, apabila lolos pada tahap tersebut selanjutnya menuju meja vaksinasi untuk dilakukan penyuntikan vaksin berjenis astrazeneca. Setelah disuntik vaksin dilakukan observasi selama 10 menit untuk kemudian apabila tidak terdapat gejala setelah disuntik warga boleh pulang. Kartu vaksinasi oleh UPT Puskesmas Kwadungan diorganisir kepada desa agar mempermudah pembagian kepada warga, selain itu juga untuk menghindari kerumunan di tempat vaksinasi, mengingat banyaknya orang yang divaksin. Kartu vaksin yang diberikan berguna untuk ditunjukkan dan wajib dibawa pada saat pemberian vaksin dosis kedua.

Meja Vaksin

Sebanyak 225 warga yang datang, 16 diantaranya gagal untuk mendapatkan vaksin dikarenakan terdapat riwayat penyakit tekanan darah tinggi, sedang batuk, pilek dan juga beberapa riwayat penyakit lainnya yang tidak dianjurkan untuk divaksin. Sehingga 209 orang saja yang dapat divaksin. Untuk warga dari luar desa sebanyak 23 orang yang divaksin.

Harapan Kepala Desa Kwadungan, Partono, S.H., M.H, dengan terlaksananya giat ini dapat memfasilitasi dan mempermudah warga desa Kwadungan untuk mendapatkan vaksinasi covid-19. Selain itu juga untuk ikut mensukseskan program pemerintah pusat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 salah satunya yaitu melalui suntik vaksin ini. Kepala Desa Kwadungan juga sangat berterimakasih kepada warga yang memiliki antusiasme untuk secara sukarela mengikuti vaksinasi Covid-19 ini.

Share and Enjoy !

Shares