KWADUNGAN.NGAWIKAB.ID – Selasa (31/08), telah dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP Desa) tahun 2022 yang digelar di kantor Desa Kwadungan dan dihadiri oleh Camat Kwadungan yang diwakili oleh Kasi PMD, Pemerintah Desa, BPD, Babinsa dan Bhabinkamtimbas, Pendamping Desa, Ketua RT dan RW. Musdes ini diagendakan dalam rangka penyusunan Rancangan RKP Desa Tahun 2022 dan Daftar Usulan RKP Desa Tahun 2023.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap pencermatan ulang RPJM Desa dan penyampaian realisasi RKP Desa tahun berjalan (Tahun 2021) oleh kepala desa, selanjutnya seluruh peserta musdes menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu:

  1. Penyusunan Rancangan RKP Desa Tahun 2022;
  2. Penyusunan Daftar Usulan RKP Desa Tahun 2023;
  3. Pembentukan tim penyusun RKP dan verifikasi RKP Tahun 2022;
  4. Penetapan harga dasar sewa Tanah Kas Desa

Selain itu, musdes ini merupakan sebuah tahapan untuk memetakan pembangunan dan kebutuhan Desa di tahun yang akan datang, gagasan semua unsur sangatlah penting, karena semua orang bisa menyampaikan aspirasinya untuk kemajuan Desa, baik dalam sektor pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penetapan harga dasar sewa tanah kas desa digunakan sebagai dasar pembentukan RKP Desa yang sumber pendanaannya dari Pendapatan Asli Desa (PAD). Setelah dilaksanakan Musdes, pada akhir September nanti sekitar tanggal 22 – 25 September 2021 akan dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk mengesahkan RKP Desa. Selain membahas mengenai RKP Desa pihak Kecamatan Kwadungan juga mengingatkan untuk desa segera menyelesaikan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

Share and Enjoy !

Shares